Saturday, 7 July 2007

WHO Merekomendasikan Khitan

World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukannya khitan pada laki-laki yang salah satu keuntungannya adalah mengurangi resiko tertularnya laki-laki yang dikhitan terkena PMS atau penyakit menular seksual

Untuk ketangan lebih lanjut saya tampilkan sebagian dari surat edaran rekomendasi WHO tentang khitanan, saya beri garis bawah point penting yang menerangkan rekomendasi WHO tentang khitan/circumsisi.

Recommendations :

1.1 Male circumcision should now be recognized as an efficacious intervention for HIV prevention.

1.2 Promoting male circumcision should be recognized as an additional, important strategy for the prevention of heterosexually acquired HIV infection in men

Rekomendasi ini merupakan salah satu bukti keistimewaan dari dilakukannya khitanan, banyak para ahli kesehatan di barat sana yang mempertanyakan apa keuntungan dilakukannya khitanan, dengan adanya rekomendasi ini bisa menjawab keraguan mereka, apalagi dalam surat rekomendasi ini juga dijelaskan tentang penilitian yang mereka lakukan terhadap orang yang di khitan.

Tapi walaupun demikian, meski dalam rekomendasi ini dijelaskan bahwa di khitan itu bisa menurunkan tingkat tertularnya laki-laki dari penyakit HIV hingga 60%, tetap saja tidak bisa melindungi hingga 100% karena 40% nya itu mungkin sebagai peringatan kepada kita untuk berfikir ulang bila ingin melakukan seks diluar nikah apalagi dengan berganti-ganti pasangan.

Subhanallah, ternyata kenapa Nabi Muhammad memerintahkan kepada kita umat muslim laki-laki untuk berkhitan itu memang sangat berguna bagi kita. Wallahu’alam bisshawab.

Sumber: Pusat Khitan dan Bedah Minor

No comments:

Post a Comment

Blog Ping