Tuesday, 8 July 2008

Sunat Konvesional atau Sunat Laser

Dok mau tanya, kata teman saya sunat dgn cara konvensional lama sembuhnya dibandingkan dgn sunat laser?
Trus kalo saya mau disunat, kemana saya harus pergi?
-Fang-

Jawaban:

Dear Fang,
Sunat atau khitan merupakan tindakan bedah kecil berupa pemotongan ujung kulit penis. Dengan kemajuan teknologi sekarang, teknik sunat pun sudah banyak dikembangkan oleh para ahli. Kalau dulu sunat yang dilakukan dukun sunat atau bengkong cukup dengan memotong kulup kulit penis lalu dibiarkan sampai pendarahannya berhenti sendiri. Sedangkan sunat yang dilakukan dokter biasanya menggunakan perlengkapan bedah minor untuk memotong. Setelah itu dokter akan melakukan penjahitan untuk menghentikan pendarahannya dan merapatkan tepi-tepi lukanya. Tindakan inilah yang sekarang dikenal dengan cara konvensional.


Teknik lainnya, ada juga yang dikenal dengan Tara Clamp, Smart Clamp dan ada juga yang mengistilahkan dengan Sistem Cincin. Sunat teknik ini dilakukan dengan cara menjepit ujung kulit penis dengan sebuah alat sehingga peredaran darahnya tersumbat yang mengakibatkan ujung kulit ini tidak mendapatkan suplai darah, lalu menjadi nekrotik, mati dan nantinya terlepas sendiri.

Teknik selanjutnya dilakukan dengan menggunakan panas. Panas ini bisa dihasilkan oleh kawat yang telah dialiri listrik yang dikenal dengan electro cauter atau bisa juga dengan sinar laser. Tetapi sekarang orang suka salah kaprah dengan menganggap electro cauter adalah laser. Padahal keduanya berbeda hanya prinsip kerjanya yang sama, yaitu menggunakan panas untuk memotong .


Kelebihan dengan teknik terakhir ini adalah proses pengerjaannya yang lebih cepat karena pendarahan minimal. Untuk proses penyembuhan, dibandingkan dengan cara konvensional itu sifatnya relatif karena tergantung dari sterilisasi alat yang dipakai, proses pengerjaanya dan kebersihan individu yang disunat.

Jika Anda mau disunat sebaiknya Anda datang ke dokter. Tehnik apa yang akan Anda pilih tergantung Anda sendiri. Kalau dengan teknik konvensional, semua dokter biasanya bisa mengerjakan. Namun Anda harus siap-siap menghadapi pendarahan yang agak banyak dan waktu yang relatif lebih lama. Kalau dengan sistem clamp atau dengan cara panas menggunakan electro cauter biasanya dilakukan di klinik. Klinik tertentu sudah ada yang menyediakannya.

Akan tetapi kalau Anda mau disunat dengan tehnik panas menggunakan laser, Anda harus datang ke Rumah Sakit karena alat ini masih mahal sehingga baru tersedia di Rumah Sakit.

Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


Sumber:dr. Iman Hilmansyah

No comments:

Post a Comment

Blog Ping